yantihendriyanti74の日記

Coba-coba bahasa Indonesia 教育実習

Coba-coba bahasa Indonesia "Kosakata Arah & Posisi" (方向や位置を表す言葉)

KOSAKATA

方向を表す言葉 ( Kata yang menyatakan arah )

Utara = 北
Selatan = 南
Timur = 東
Barat = 西
Tenggara = 東南
Barat daya = 南西部
Barat laut = ノースウエス
Timur laut = 北東

場所を表す言葉 ( Kata yang menyatakan tempat / posisi )

Dalam = 中
Luar = 外
Atas = 上
Bawah = 下
Depan = 前
Belakang = 後ろ
Antara = 間
Sebelah / samping = 隣・そば
Tengah = 真ん中
Sebelah kanan = 右側
Sebelah kiri = 左側
Seberang = 向かい

Sini = ここ
Situ = そこ
Sana = あそこ



Pemahaman bacaan :

Kantor saya
Saya bekerja sebagai guru bahasa Indonesia untuk orang Jepang. Kantor saya ada di Pusat kota Barat 3 Selatan 9. Kantor saya dekat dari Stasiun Nakajima-Koen. Kantor saya ada di lantai 2 dalam gedung Park Build. Di dalam gedung ini ada juga kelas bahasa Inggris, kelas menari, kelas menyanyi dan lain lain. Di sebelah kantor saya ada kelas menari Hawaii. Setiap hari banyak ibu ibu datang dan belajar Tari Hawaii. Di sini juga ada restoran Mie Soba, namanya Fukuzumi. Restoran itu ada di bawah kantor saya. Saya sering makan siang di sana dengan teman.
Di seberang kantor saya ada taman besar namanya Taman Nakajima. Saya sering jalan jalan di taman itu dengan sepeda. Banyak pohon Sakura di taman itu. Pada musim semi, bunga Sakura berkembang indah sekali. Banyak orang asing jalan jalan di sana untuk melihat bunga Sakura. Dari kantor sampai taman itu kira kira makan waktu 5 menit dengan jalan kaki. Kadang kadang saya dan teman teman makan siang di dalam taman itu.
Di sekitar kantor saya banyak hotel dan restoran. Dibelakangnya ada juga tempat pemandian air hangat, namanya ONSEN. Di sini praktis sekali, saya bisa bekerja, jalan jalan, makan, mandi dan berbelanja.

訳:

私の事務所
私は日本人のためにインドネシア語の教師として働いています。事務所は中央区南9西3にあります。中島公園駅の近くです。パークビルの中の2階にあります。このビルの中に、英語やダンス教室や歌の教室などがあります。私の事務所の隣にハワイアンダンス教室もあります。毎日女性たちがそこへ踊りの勉強をしに来ています。ここにも福住という蕎麦屋さんがあります。そのレストランは私の事務所の下にあります。よく友達と一緒にランチ食べに行きました。
向かいには中島公園という大きい公園があります。しばしば、自転車で公園へ散歩をしに行きます。桜の木がたくさんあります。春にはとても美しく咲いています。多く外国人があそこに桜の花を見に行きます。事務所から公園まで歩いて、5分ぐらいかかります。時々、私は友達と一緒にその公園の中で昼ご飯を食べました。
あそこの辺にはホテルやレストランがたくさんあります。日本の温泉というSpring Waterもあります。ここには仕事もできるし、散歩もできるし、食事やお風呂や買い物もできるのですごく便利です。

f:id:yantihendriyanti74:20170905125821j:plain
Sky Garden,Bali